Langsung ke konten utama

KISI2 UAS SI X SEM.GANJIL 1617

KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X
 TAHUN PELAJARAN 2016 - 2017
NO
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR KETERCAPAIAN KD

        MATERI
BAHAN KELAS/
SEM
INDIKATOR SOAL
JML SOAL
NO. SOAL

3. Memahami dan  
    menerapkan
    pengetahuan faktual
    konseptual prosedural
    dlm ilmu pengetahuan
    teknologiseni,  
   budaya,
    dan humaniora dng
     wawasan
     kemanusiaan     
     kebangaan 
     kenegaraan
     dan
    peradaban,terkait
     fenomena dan
     kejadian serta
     menerapkan
     pengetahuan
     prosedural pada
     bidang kajian yang
     spesifik sesuai
     dengan bakat dan
     minatnya untuk
     memecahkan
     masalah
3.2. Memahami corak kehidupan masyarakat zaman Praaksara






























3.4 Menganalisis berdasarkan tipologi hasil budaya praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat
































3.5. Menganalisis berbagai teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan beudayaan Hindu-Buddha di Indonesia































3.6.  Menganalisis karakteristik kehidupan masyarakat, pemerintahan, dan kebudayaan pada masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini
3.2.1. Menjelaskan pengertian Praaksara















3.2.2. Menjelaskan    proses alam  terjadinya          
Kepulauan  Indonesia
          
           





3.2.4.            Menganalisis jenis manusia Praaksara
           



3.4.1            Menganalisis hasil hasil kebudayaan batu zaman Praaksara           
 3.4.2            Menganalisis tradisi megalitik dan kaitannya dengan kepercayaan masyarakat










3.4.3            Mengidentifikasi hasil budaya praaksara yang sekarang masih ditemukan di lingkungannya 


3.2.5. Menganalisis corak kehidupan masyarakat praaksara









3.5.1. Menganalisis berbagai teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia

3.5.2. Merumuskan pendapat tentang teori yang paling tepat dari beberapa teori yang ada tentang proses masuk dan berkembangnya Hindu-Buddha di Iindonesia






















3.6.1. Menjelaskan perkembangan kerajaan-kerajaan zaman Hindu-Buddha di Indonesia

3.6.2. Menganalisis kehidupan sosial ekonomi masyarakat zaman Hindu-Buddha

3.6.3. Menganalisis perkembangan hasil-hasil kebudayaan zaman Hindu-Buddha

3.6.4. Menunjukkan bukti-bukti kehidupan dan hasil budaya Hindu-Buddha yang masih ada sampai sekarang
A.  Sebelum
     Mengenal  
    Tulisan
             
            












B. Terbentuknya
     Kepulauan
     Indonesia







C. Mengenal
     Manusia
     Purba



D.Perkembangan Teknologi


E. Pola hunian  
masyarakat praaksara

F. Mengenal api





G. Dari berburu dan meramu sampai bercocok tanam





H. Sistem kepercayaan masyarakat praaksara

I. Kedatangan bangsa proto dan Deutro Melayu


A. Dari lembah Indus sampai Muarakaman :

Lahirnya Agama Hindhu

Lahirnya Agama Buddha

Masuknya Pengaruh Hindu-Buddha
























B. Kerajaan-kerajaan pada Masa Hindu-Buddha :
1. Kerajaan Kutai
2. Kerajaan Tarumanegara
3. Kerajaan Kalingga
4. Kerajaan sriwijaya




















































X/1




















  1. Dapat mengidentifikasi ciri-ciri dari kehidupan Praaksara
  2. Dapat membedakan istilah Prasejarah dan Praaksara untuk menggambarkan kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan
  3. Disajikan gambar, dapat menunjukkan  hasil kebudayaan masa praaksara
  4. Dapat memilih nilai kehidupan yang diperoleh melalui pembelajaran praaksara
  5. Disajikan data, dapat menunjukkan  nama tiga lempengan yang mengelilingi kepulauan Indonesia
  6. Dapat mengidentifikasi ciri-ciri pembabakan waktu Neozoikum  zaman Praaksara berdasarkan waktu geologisnya
  7. Dapat memilih ciri-ciri manusia purba Meganthropus
  8. Dapat memberikan alasan  mengapa Sangiran dikatakan sebagai pusat perkembangan manusia purba
  9. Disajikan gambar, dapat menunjukkan nama alat rumah tangga yang terbuat dari batu
  10. Disajikan data, dapat mengklasifikasi pembabakan waktu pada zaman teknologi bebatuan  
  11. Disajikan data siswa dapat menyebutkan karakter /ciri khas pola hunian manusia purba
  12. Siswa dapat menjelaskan manfaat api bagi manusia praaksara
  13. Siswa dapat menjelaskan cara pembuatan api oleh manusia praakasra
  14. Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri kehidupan pada masa berburu dan meramu (food gathering)
  15. Siswa dapat menjelaskan alasan mengapa manusia praaksara hidup mengembara (nomaden)
  16. Siswa dapat mengidentifikasi sistem kepercayaan masyarakat praaksara
  17. Siswa dapat Menyebutkan kebudayaan yang dibawa oleh banga Proto dan Deutro melayu ke Indonesia
  18. Menjelaskan  tempat berkembangnya kepercaryaan bangsa arya di india
  19. Menjelaskan istilah Jawa dwipa dalam kisah Ramayan yang dikemukakan oleh seorang ahli
  20. Menjelaskan tempat dimulai dikenalkannya agama Budhha terhadap masyarakat
  21. Menjelaskan pengertian salah satu  kitab suci Agama Hindu
  22. Menjelaskan sistem hubungan sosial masyarakat berdasarkan fungsinya
  23. Menjelaskan bukti arkeologis yang menunjukkan  perkembangan perkembangan masuknya kebudayaan Hindu-Buddha di Kepulauan Ind       
  24. Menjelaskan mengapa bangsa Indonesia mudah menerima  kebudayaan Hindu-Buddha
  25. Menjelaskan siapa yang  paling kuat pengaruhnya mengenai masuknya  kebudayaan Hindu-Buddha ke kepulauan Indonesia
  26. Menjelaskan letak
Kerajaan Kutai
  1. Menjelaskan isi dari salah satu  prasasti yang menunjukkan bukti perkembangan kebudayaan Hindu-Buddha di kepulauan Ind
  2. Menyebutkan nama raja yang membawa kejayaan di Kerajaan Kutai
  3. Menjelaskan nama tempat suci agama Hindu-Siwa di Kerajaan Kutai
  4. Menjelaskan siapa nama raja Tarumanegara
  5. Menjelaskan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa kerajaan Tarumanegara  telah memeluk agama Hindu
  6. Menjelaskan kaarakter/sifat-sifat Ratu Sima dalam memerintah di Kerajaan Kalingga
  7. Menjelaskan bukti-bukti yang menunjukkan Ratu Sima dalam pemerintahan secara tegas dan seadil-adilnya
  8. Menjelaskan waktu mulai berkembang Kerajaan Sriwijaya
  9. Menunjukkan nama raja di Kerajaan Sriwijaya yang banyak melakukan usaha perluasan daerah
  1. Menjelaskan tentang kemunduran kerajaan Sriwijaya



1


1





1



1



1




1




1



1





1



1




1



1


1


1




1



2



1





1



1




1



2


1



2






1



1





1

1





1


1



1

2




1



1




1


1



1






1


2





3



4



5




6




7



8





9



10




11



12


13


14




15



16,36



17





18



19




20



21,37


22



23,38






24



25





26

27





28


29



30

31,39




32



33




34


35



40












                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Drama Detik-detik Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Prambanan (20/1) Naskah Drama Detik-detik Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (Diambil dari berbagai sumber, oleh Wawan Teamlo) ditulis kembali oleh Atik ANNOUNCER : 15 Agustus 1945  Para Pemuda  mendesak Golongan Tua untuk memproklamasikan Indonesia gagal,  para pemuda lalu melaksanakan pertemuan di Jalan Cikini 71. Mereka lalu sepakat untuk menculik Soekarno-Hatta dan membawa mereka ke Rengasdengklok. Wikana              : (mengetuk pintu dengan keras) “Bung Karno, Bung Karno!” Soekarno           : (membuka pintu) “Iyaa, ada apa?” Shaleh               : “Anda harus ikut kami ke Rengasdengklok” Soekarno           : “Untuk apa aku ikut dengan kalian?” Wikana           ...

Pendudukan Jepang di Indonesia

Masuknya Jepang Ke Indonesia   Jepang dengan mudah berhasil menguasai daerah-daerah Asia Timur dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Mengapa demikian? Karena:  Jepang telah berhasil menghancurkan pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawaii pada tanggal 7 Desember 1941;  Negeri-negeri induk (Inggris, Perancis, dan Belanda) sedang menghadapi peperangan di Eropa melawan Jerman;  Bangsa-bangsa di Asia sangat percaya dengan semboyan Jepang (Jepang pemimpin Asia, Jepang cahaya Asia, dan Jepang pelindung Asia) sehingga tidak memberi perlawanan. Bahkan, kehadiran Balatentara Jepang disambut dengan suka cita karena Jepang dianggap sebagai ‘saudara tua’ yang akan membebaskan bangsa-bangsa Asia dari belenggu penjajahan negara-negara Barat. Secara resmi Jepang telah menguasai Indonesia sejak tanggal 8 Maret 1942, ketika Panglima Tertinggi Pemerintah Hindia Belanda menyerah tanpa syarat di Kalijati, Bandung,. Jepang tanpa banyak menemui per...

Teladan Tokoh Integrasi Berjuang Mempertahankan Kemerdekaan NKRI

Meski telah merdeka, ternyata pada awalnya, NKRI masih perlu mempertahankannya dari negara-negara yang belum mengakui kemerdekaan kita saat itu. Banyak tokoh yang berjuang mempertahankan kemerdekaan NKRI, antara lain:  A. Tokoh Raja Sultan Hamengkubowono IX (1912-1988) Sultan Hamengkubuwono IX lahir di Ngayogyakarta Hadiningrat, 12 April 1912 dengan nama asli  Gusti Raden Mas Dorodjatun . Ia adalah putra dari Sri Sultan Hamengkubuwono VIII dan permaisuri Kangjeng Raden Ayu Adipati Anom Hamengkunegara. Pada tanggal 2 Oktober 1988, Sultan Hamengkubuwono IX meninggal dunia di George Washington University Medical Centre, Amerika Serikat. Atas jasa dan berbagai perannya bagi bangsa dan negara Indonesia, Pemerintah RI menganugerahi gelar Pahlawan Nasional. Sultan Hamengkubowono IX. (Sumber: id.wikipedia.org) Sultan Syarif Kasim II (1893-1968) Yang Dipertuan Besar Syarif Kasim Abdul Jalil Saifuddin [3]  atau  Sultan Syarif Kasim II  (lahir di...