Langsung ke konten utama

SOAL PG PAS SI Kelas X SMK Ganjil 19/20

PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Bidang Studi : Sejarah Indonesia
Kelas : X
Waktu : 90 menit

Pilihlah jawaban yang tepat!
1. Pembelajaran sejarah bersifat diakronis, artinya pembahasannya....
A. melebar dalam ruang
B. melebar dalam jarak
C. memanjang dalam waktu
D. memanjang dalam jarak
E. memanjang dalam ruang
2. Sejarah sebagai suatu cabang ilmu pengetahuan harus bersifat....
A. menghibur
B. menarik
C. menyenangkan
D. memaksa
E. ilmiah / dapat dibuktikan kebenarannya
3. Zaman ketika manusia belum mengenal tulisan disebut dengan zaman....
A. praaksara
B. prasejarah
C. prakata
D. prakondisi
E. praperadilan
4. Von Koeningswald menemukan fosil Homo erectus di daerah....
A. Bayat
B. Sangiran
C. Trinil
D. Ngandong
E. Wonogiri
5. Nenek moyang bangsa Indonesia diyakini berasal dari daerah Indocina bagian utara dan membawa kebudayaan logam, yaitu ras....
A. melanesoid
B. weddid
C. negrito
D. proto melayu
E. deutero melayu
6. Pola hunian/tempat tinggal manusia purba memiliki ciri khas, yaitu selalu bertempat-tinggal di dekat....
A. sumber air
B. pegunungan
C. hutan
D. sawah
E. tanah lapang
7. Bangunan zaman batu berikut adalah....
A. sarkofagus
B. dolmen
C. punden berundak
D. kubur batu
E. menhir
8. Bukti adanya pemukiman manusia purba di tepi pantai adalah penemuan tumpukan sampah berupa cangkang kerang dan siput yang telah membatu, disebut....
A. sarkofagus
B. abris sous roche
C. food gathering
D. kjokkenmoddinger
E. pithecantropus
9. Zaman logam di Indonesia berbeda dengan zaman logam di luar negeri, sebab di Indonesia tidak mengalami zaman....
A. besi
B. tembaga
C. perunggu
D. baja
E. timah
10. Pendapat bahwa masuknya Hindu-Budha ke Indonesia dibawa oleh orang-orang Indonesia sendiri yang telah belajar agama di India disebut dengan teori....
A. brahmana
B. waisya
C. ksatria
D. sudra
E. arus balik
11. Kerajaan Hindu-Budha tertua di Indonesia yang ditemukan peninggalannya di wilayah Kalimantan Timur adalah kerajaan....
A. Mataram Kuno
B. Majapahit
C. Kutai
D. Tarumanegara
E. Sriwijaya
12. Ratu Sima merupakan seorang ratu perempuan dari kerajaan....
A. Kalingga
B. Majapahit
C. Singhasari
D. Tarumanegara
E. Sriwijaya
13. Kerajaan yang pusatnya berada di wilayah Palembang, Sumatera, adalah....
A. Kalingga
B. Majapahit
C. Singhasari
D. Sriwijaya
E. Kediri
14. Untuk menghindari letusan Gunung Merapi, maka pusat kerajaan Mataram Kuno dipindahkan oleh Mpu Sindok ke....
A. Jawa Barat
B. Jawa Tengah
C. Jawa Timur
D. Bali
E. Madura
15. Pendiri kerajaan Singhasari adalah....
A. Kudungga
B. Ratu Sima
C. Ken Arok
D. Raden Wijaya
E. Sanna
16. Perpaduan antara dua kebudayaan tanpa menghilangkan ciri-ciri kebudayaan penyusunnya disebut....
A. asimilasi
B. akulturasi
C. adaptasi
D. sosialisasi
E. imunisasi
17. Candi berasal dari kata candika yang merupakan perwujudan dari....
A. Dewa Wisnu
B. Dewa Siwa
C. Dewi Durga
D. Budha
E. Bathara Guru
18. Ukiran pada dinding candi yang menggambarkan cerita tertentu, ajaran agama, atau kehidupan masyarakat sehari-hari disebut....
A. dekorasi
B. arca
C. braille
D. relief
E. kaligrafi
19. Bukti dari pendapat bahwa Islam di Indonesia berasal dari Persia adalah....
A. berkembangnya mazhab syiah pada masyarakat Sumatra Barat
B. batu nisan Maulana Malik Ibrahim di Gresik
C. makam Fatimmah Binti Maimun di Gresik
D. penggunaan gelar syekh dan al-malik oleh ulama-ulama Indonesia
E. munculnya perkampungan Arab di Sumatra Barat
20. Munculnya pondok-pondok pesantren di Nusantara merupakan bentuk penyebaran agama Islam melalui bidang....
A. perdagangan
B. perkawinan
C. pendidikan
D. politik
E. seni dan budaya
21. Sultan Malik as-Shaleh merupakan sultan dari kerajaan....
A. Mataram Islam
B. Aceh Darussalam
C. Demak
D. Cirebon
E. Samudra Pasai
22. Kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa adalah....
A. Banten
B. Cirebon
C. Mataram Islam
D. Demak
E. Pajang
23. Raja Mataram Islam yang memadukan kalender Saka dengan kalender Hijriah menjadi kalender Jawa adalah....
A. Sultan Agung
B. Sultan Iskandar Muda
C. Sultan Malik as-Shaleh
D. Sultan Hadiwijaya
E. Sultan Ageng Tirtayasa
24. Atap masjid-masjid kuno di Indonesia berbentuk....
A. limas
B. persegi
C. bundar
D. tumpang
E. datar
25. Panggilan sholat pada masjid-masjid kuno di Indonesia tidak dikumandangkan melalui menara, tetapi menggunakan hasil budaya asli Nusantara berupa....
A. kendang
B. rebana
C. lonceng
D. bedug
E. gong 
26. Untuk mempermudah syiar agama Islam, masjid-masjid kuno di Indonesia didirikan di dekat....
A. sungai
B. alun-alun
C. pantai
D. gunung
E. makam
27. Sejak masuknya pengaruh Islam, seni rupa tidak lagi menggambarkan makhluk hidup, tetapi berubah menjadi seni hias huruf Arab yang disebut....
A. dekorasi
B. arca
C. braille
D. relief
E. kaligrafi
28. Sunan Kalijaga menyebarkan agama Islam melalui bidang seni dan budaya menggunakan media....
A. batik
B. wayang
C. kaligrafi
D. seni ukir
E. seni teri
29. Salah satu motivasi bangsa Eropa untuk menjelajahi samudera adalah semangat gold, artinya adalah…
A. mencari kekayaan
B. mengejar reputasi / kejayaan
C. menolong sesama manusia
D. menyebarkan agama
E. mengembangkan ilmu pengetahuan
30. Pelaut dari Spanyol yang berhasil mengelilingi dunia adalah….
A. Christoper Columbus
B. Vasco da Gama
C. Sebastian del Cano
D. Bartolomeus Diaz
E. Alfondo de Alburquerque
31. Pelaut Belanda, Cornelis de Houtman berhasil mendarat di Indonesia untuk pertama kalinya di daerah….
A. Surabaya
B. Batavia
C. Banyuwangi
D. Cilacap
E. Banten
32. Salah satu tujuan didirikannya VOC adalah….
A. meningkatkan kesejahteraan penduduk Hindia Belanda
B. memperkuat kedudukan Belanda dalam bersaing dengan pedagang Negara lain
C. menjadikan Hindia-Belanda sebagai Negara pengekspor rempah-rempah nomor satu di dunia
D. menanamkan jiwa kewirausahaan pada penduduk Hindia-Belanda
E. meningkatkan hasil tangkapan ikan di wilayah Hindia-Belanda
33. Perhatikan hal-hal berikut:
1) Mencetak mata uang sendiri
2) Memberikan bantuan kemanusiaan kepada penduduk Hindia-Belanda
3) Membentuk angkatan perang sendiri
4) Melakukan monopoli perdagangan
5) Menciptakan teknologi pertanian modern
Hak-hak istimewa VOC ditunjukkan oleh nomor….
A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 4
C. 3, 4, 5
D. 2, 4, 5
E. 1, 3, 4
34. Perhatikan hal-hal berikut:
1) Perkebunan rempah-rempah rusak akibat serangan hama tanaman
2) Banyak pegawai VOC yang korupsi
3) Tingginya biaya perang yang dilakukan VOC
4) Beban hutang VOC yang besar
5) Banyak pejabat VOC yang meninggal akibat penyakit malaria
Faktor-faktor yang menyebabakan VOC bangkrut ditunjukkan oleh nomor….
A. 1, 2, 4
B. 1, 3, 5
C. 2, 4, 5
D. 2, 3, 4
E. 3, 4, 5
35. Deandels berusaha mempertahankan Pulau Jawa dari serangan Inggris dengan membangun jalan….
A. Anyer – Semarang
B. Anyer – Panarukan
C. Cilacap – Wonogiri
D. Cilacap – Panarukan
E. Semarang – Panarukan 
36. Belanda tidak mampu mempertahankan Pulau Jawa dari serangan Inggris pada tahun 1811 sehingga harus menyerah melalui….
A. Kapitulasi Tuntang
B. Kapitulasi Banten
C. Kapitulasi Malang
D. Konvensi London
E. Konvensi Batavia
37. Salah satu prinsip pemerintahan Raffles adalah….
A. meningkatkan jumlah tentara
B. membentuk tiga jenis peradilan di Indonesia
C. mewajibkan rakyat menyerahkan hasil pertaniannya
D. menjual tanah-tanah kepada pihak swasta
E. kerja rodi dihapus, diganti dengan penanaman bebas oleh rakyat
38. Perhatikan keterangan-keterangan berikut!
1) Belanda terlibat perang dengan Inggris
2) Belanda terlibat perang Diponegoro
3) Kas kosong, hutang banyak
4) Pemasukan dari kopi sedikit
5) Pemasukan dari teh sedikit
Berdasarkan keterangan tersebut, latar belakang penerapan sistem tanam paksa di Indonesia pada tahun 1830-1870 ditunjukkan oleh nomor ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (2), dan (5)
D. (2), (3), dan (4)
E. (2), (3), dan (5)
39. Perhatikan gambar tanaman di bawah ini:
1 2 3 4
Kebijakan atau aturan cultuurstelsel mewajibkan setiap desa menyisihkan 1/5 dari tanahnya untuk ditanami 3 tanaman komodi ekspor penting yang ditunjukkan oleh gambar nomor....
A. (1) dan (2) 
B. (3) dan (4)
C. (1), (3), dan (4) 
D. (1), (2) dan (4)
E. (2), (3) dan (4)
40. Tokoh penggagas Tanam Paksa (Cuulturstelsel) di Indonesia pada tahun 1830-1870 yang ditunjukkan pada gambar di samping adalah ....
A. Thomas S. Raffles
B. J.P Coen
C. Pieter Both
D. Herman Willem Daendels
E. Johannes van den Bosch
41. Aturan-aturan tanam paksa yang benar adalah….
A. tanah untuk tanam paksa lebih dari 1/5 total tanah pertanian
B. kelebihan hasil panen tanam paksa tidak dikembalikan kepada rakyat
C. kegagalan panen ditanggung petani
D. tanah untuk tanam paksa dikenai pajak
E. penduduk yang bukan petani diwajibkan bekerja di perkebunan pemerintah selama 65 hari/tahun    
42. Penyelewengan yang dilakukan pemerintah kolonial Belanda dalam pelaksanaan tanam paksa di Indonesia adalah ….
A. Tanah untuk tanam paksa 1/5 dari total tanah pertanian.
B. Waktu tanam paksa melebihi waktu tanam padi
C. Tanah untuk tanam paksa tidak dikenai pajak
D. Kelebihan tanam paksa dikembalikan kepada rakyat.
E. Penduduk bekerja di perkebunan pemerintah atau pabrik 65 hari/tahun
43. Perhatikan keterangan-keterangan berikut!
1) Hidup rakyat Indonesia sejahtera
2) Mengenal jenis tanaman baru komoditi ekspor
3) Pembangunan rumah penduduk
4) Banyak dibangun jaringan rel kereta api
5) Mengetahui cara tanam yang baik.
Yang merupakan dampak positif penerapan Tanam Paksa di Indonesia ditunjukan nomor ….
A. (1), (2) dan (3)
B. (1), (2) dan (4)
C. (2), (3) dan (4)
D. (2), (3) dan (5)
E. (2), (4) dan (5)
44. Kerajaan Mataram di bawah pimpinan Sultan Agung mengadakan perlawanan dengan alasan ….
A. VOC memonopoli perdangan dan hasil bumi lainnya
B. karena campur tangan VOC dalam rumah tangga Istana
C. VOC dianggap sebagai penghalang bagi Sultan Agung untuk menjadi penguasa tunggal atas Pulau Jawa
D. adanya rumor bahwa Kesultanan Mataram akan diserang
E. Mataram menolak kerjasama dengan VOC
45. Tokoh C.Th. van Deventer penggagas politik Balas Budi atau Politik Etis mengusulkan perbaikan bangsa Indonesia dalam 3 bidang, yaitu ….
A. irigasi, transmigrasi, edukasi
B. edukasi, perbankan, perkebunan
C. irigasi, edukasi, perkebunan
D. perkebunan, perbankan, irigasi
E. perbankan, edukasi, transmigrasi
46. Faktor yang mendorong lahirnya pergerakan nasional di Indonesia yang berasal dari luar negeri (eksternal) adalah ….
A. penderitaan dan kesengsaraan akibat penjajahan Barat
B. kemajuan dalam bidang politik, sosial ekonomi dan kebudayaan
C. kemenangan Jepang terhadap Rusia 1905
D. munculnya kaum terpelajar di tanah air
E. bangkitnya semangat nasionalisme di Eropa
47. Tokoh yang mengispirasi berdirinya Budi Utomo adalah ….
A. Dr. Soetomo
B. Dr. Wahidin Soedirohoesodo
C. Dr. Setiabudhi
D. Dr. Cipto Mangunkusumo
E. Ki Hajar Dewantoro
48. Tokoh pendiri organisasi Muhammadiyah adalah ….
A. K.H. Mas Mansyur
B. K.H. Ahmad Dahlan
C. K.H. Bisri Syamsuri
D. K.H. Wahab Chasbullah
E. K.H. Zaenab Abidin
49. Hasil Konggres Pemuda Indonesia II yang dicapai pada tanggal 28 Oktober 1928 kita kenal dengan sebutan ….
A. Dasasila Bandung
B. Pancasila
C. Indonesia Raya
D. Sumpah Pemuda
E. Bhineka Tunggal Ika
50. Praktik imperialism dan kolonialisme bangsa Barat di Indonesia berdampak besar bagi kehidupan bangsa Indonesia di berbagai bidang. Berikut yang termasuk dampak politik akibat penjajahan Belanda adalah ….
A. tumbuhnya kesadaran pentingnya persatuan bagi seluruh rakyat Indonesia
B. tumbuhnya iklim investasi di Indonesia
C. dibangunnya sarana transportasi
D. pembagian status sosial masyarakat
E. munculnya golongan terpelajar


KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL SEJARAH INDONESIA KELAS X TAHUN PELAJARAN 2019/2020

1 C 11 C 21 E 31 E 41 E
2 E 12 A 22 D 32 B 42 B
3 A 13 D 23 A 33 E 43 E
4 B 14 C 24 D 34 D 44 C
5 E 15 C 25 D 35 B 45 A
6 A 16 B 26 B 36 A 46 C
7 B 17 C 27 E 37 E 47 B
8 D 18 D 28 B 38 D 48 B
9 B 19 A 29 A 39 C 49 D
10 E 20 C 30 C 40 E 50 A



































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Drama Detik-detik Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Prambanan (20/1) Naskah Drama Detik-detik Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (Diambil dari berbagai sumber, oleh Wawan Teamlo) ditulis kembali oleh Atik ANNOUNCER : 15 Agustus 1945  Para Pemuda  mendesak Golongan Tua untuk memproklamasikan Indonesia gagal,  para pemuda lalu melaksanakan pertemuan di Jalan Cikini 71. Mereka lalu sepakat untuk menculik Soekarno-Hatta dan membawa mereka ke Rengasdengklok. Wikana              : (mengetuk pintu dengan keras) “Bung Karno, Bung Karno!” Soekarno           : (membuka pintu) “Iyaa, ada apa?” Shaleh               : “Anda harus ikut kami ke Rengasdengklok” Soekarno           : “Untuk apa aku ikut dengan kalian?” Wikana              : “Ini sudah jadi kesepakatan para pemuda Bung, kami akan membawa anda dan Bung Hatta ke Rengasdengklok” (IMPROVISASI DIPERBOLEHKAN) ANNOUNCER : Rombongan pemuda yang membawa Soekarno dan Hatta tiba di Rengasdengklok. Bung Hatta telah sampai terlebih dahulu sebelum Bung Karno. Keduanya dibawa ke sebuah

SEJARAH XI BAB IV “TIRANI MATAHARI TERBIT”

RANGKUMAN MATERI SEJARAH XI BAB IV  “TIRANI MATAHARI TERBIT” A.        Menganalisis Awal Pemerintahan “Saudara Tua” 1.        Penguasaan Kepulauan Indonesia Sejak pengeboman Pearl Harbour oleh angkatan udara Jepang pada 8Desember 1941, serangan terus dilancarkan ke angkatan laut Amerika Serikat   di Pasifik. Kemenangan pasukan Jepang seolah-olah tak dapat dikendalikan   dan pasukan itu berturut-turut menghancurkan basis militer Amerika. Selain   itu, serangan Jepang juga diarahkan ke Indonesia. Serangan terhadap Indonesia tersebut   bertujuan untuk mendapatkan cadangan logistik dan bahan industri perang,   seperti minyak tanah, timah, dan aluminium. Sebab, persediaan minyak di   Indonesia diperkirakan dapat mencukupi kebutuhan Jepang selama PerangPasifik. Pada Januari 1942, Jepang mendarat di Indonesia melalui Ambon dan seluruh Maluku Daerah Tarakan di Kalimantan Timur kemudian dikuasai olehJepang bersamaan dengan Balikpapan (12 Januari 1942). Jepang kemudianmenyerang Su

Drama Perundingan Para Pemuda mendesak Sukarno memproklamasikan kemerdekaan

Skenario Cerita: *)Perundingan para pemuda untuk mendesak Sukarno  memproklamasikan  kemerdekaan TOKOH : 1)       JENDERAL TERAUCHI 2)       Ir. SUKARNO 3)       MOH. HATTA 4)       RAJIMAN WEDYODININGRAT 5)       SUTAN SYAHRIR 6)       WIKANA 7)       DARWIS 8)       SUKARNI 9)       DR. BUNTARAN 10)    AHMAD SUBARJO 11)    IWA KUSUMANTRI Narasi: Setelah Jepang menyerah kepada Sekutu tanpa syarat pada tanggal 15 Agustus 1945, Jepang berusaha memberikan Janji kemerdekaan kepada bangsa Indonesia ( 7 September 1945). Pada tanggal 7 Agustus 1945, Jenderal Terauchi menyetujui pembentukkan PPKI (Dokuritsu Junbi Inkai: Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang diketuai Ir. Sukarno dengan wakilnya Drs. Moh. Hatta yang beranggotakan 21 orang . Narasi: 9 Agustus 1945 J. Terauchi memanggil Sukarno, Moh. Hatta, dan Rajiman Wedyodiningrat untuk pergi ke Dalat, Saingon salah satu pusat tentara Jepang. Percakapan: J. Terauchi